Mau Traveling? Ini Dia Beberapa Jenis Kain Bahan Pakaian yang Pas untuk Keperluan Traveling


Saat akan melakukan traveling, tentu ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah pakaian yang akan kalian bawa saat traveling. Kalian harus tahu bahwa ada strategi khusus dalam memilih pakaian untuk traveling dan kalian bisa mulai dengan melihat jenis kain yang dijadikan bahan pakaian tersebut. Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang beragam jenis bahan kain yang sangat pas untuk dipilih sebagai pakaian yang sesuai untuk keperluan traveling.

Kain Wol

Kita tentunya sudah cukup familier dengan bahan kain ini. Dan Anda harus tahu bahwa yang kita bicarakan di sini adalah kain wol 100% bukan yang sudah campuran dengan bahan lain. Pakaian yang menggunakan bahan kain wol ternyata sangatlah berguna bagi kita yang berencana untuk melakukan traveling ke luar negeri ketika musim sedang dingin atau saat traveling di dalam negeri khususnya di daerah pegunungan yang dingin. Bahan wol terbukti bisa membuat badan kita tetap terasa hangat di cuaca seperti itu.

Dan yang lebih hebatnya lagi, pakaian dengan bahan kain wol juga tetap bisa kita gunakan saat cuaca sedang panas. Ya, karakteristik kain wol ternyata juga bisa menjaga badan tetap sejuk meskipun cuaca panas. Selain menjadi bahan pakaian yang nyaman untuk segala macam cuaca, bahan wol juga terkenal dengan keawetannya karena lebih tahan kerut.

kain wol

Namun, ada sebuah catatan mengenai bahan wol yang harus kalian ingat. Usahakan agar kain wol kalian jangan sampai basah (kecuali saat kalian mencucinya) karena akan menjadi sangat berat. Sifat kain wol yang sangat menyerap air menjadi penyebabnya. Selain itu, kain wol yang basah akan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk jadi kering kembali.

Jenis Kain Bahan Polyester

Pakaian dengan bahan polyester bisa menjadi alternatif lain bagi kalian yang hobi traveling. Asalannya sebenarnya sangatlah sederhana, harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pakaian yang terbuat dari bahan lain membuatnya cocok jadi pilihan para traveler khususnya yang melakukan traveling dengan model backpack. Pakaian dengan bahan polyester juga tidak gampang kerut sehingga kalian tidak usah terlalu repot untuk menyetrikanya.

polyester

Selain itu, ketika dikenakan, pakaian dengan bahan polyester juga terasa lembut dan juga nyaman di badan. Namun, ada kekurangan dari bahan ini. Bahan ini cenderung mudah ditinggali bakteri dan juga organisme lain. Jika tidak sering dicuci, bisa menimbulkan penyakit kulit atau paling tidak akan membuatnya gampang bau.

Kain Rajut

Tolong bedakan antara rajutan dan tenunan. Kedua proses tersebut sebenarnya merupakan hal yang berbeda. Sebagian besar pakaian yang kalian temukan di toko yang diproduksi oleh industri tekstil biasanya adalah kain tenun. Namun ada juga yang dibuat dengan cara dirajut baik itu dengan menggunakan tangan ataupun mesin.

kain rajut

Kain rajutan memiliki keunggulan dalam hal penampilannya. Buat kalian yang ingin traveling dan tampil modis pada saat yang sama, pakaian dengan bahan kain rajut bisa menjadi pilihan. Selain itu, kain rajut juga bisa menjaga tubuh kita tetap hangat yang pastinya akan sangat berguna saat kita traveling di daerah dingin. Kain rajut, khususnya yang tebal, juga tidak mudah mengerut yang membuatnya sangat awet.

Kain Katun

Dan bahan kain terakhir yang cocok untuk keperluan traveling adalah katun. Bahan ini sangatlah familier dan mudah ditemukan di sekitar kita. Mungkin hampir sebagian besar kaos yang kalian miliki terbuat dari bahan katun. Harganya yang terjangkau dan karakteristiknya yang menyerap keringat merupakan keunggulan dari bahan kain katun ini. Namun kalian perlu tahu bahwa kain katun sangatlah bergantung pada kualitas bahan baku kapasnya digunakan. Yang jelas, bahan yang satu ini sangat pas untuk keperluan traveling khususnya kalau kalian ingin traveling dengan gaya yang kasual dan nyaman.

katun